Print this page

Kunjungi Desa Binaan, Menteri Puji UPN

14 11, 2014

Kamis, 5 Desember, Dr. Helmy Faisal Zaini Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) didampingi rektor UPN “Veteran” Jawa Timur dan Bupati Sampang melakukan kunjungan ke Desa Panyepen Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang. Kunjungan tersebut untuk melihat hasil Teknologi Tepat Guna (TTG) karya UPN "Veteran" Jawa Timur.

Dalam kunjungan yang dilakukan di sela-sela Kunjungan Kerja (Kunker) bersama Presiden di Madura itu, Menteri PDT melihat langsung proses pemanfaatan TTG hasil program Produk Unggulan Kabupaten (PRUKAB) oleh masyarakat. Desa Panyepen merupakan desa binaan program PRUKAB antara KPDT dengan UPN "Veteran" Jawa Timur.

Dalam sambutannya dihadapan masyarakat yang hadir disana, Helmy mengatakan Madura banyak membutuhkan sentuhan teknologi. Hal tersebut dimaksudkan agar Madura tidak lagi tertinggal dengan daerah lain. “Madura adalah daerah tertinggal yang membutuhkan banyak sentuhan teknologi,” tutur Helmy.

Sentuhan teknologi untuk peningkatan potensi daerah tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masayarakat di pulau garam tesebut. “Hal itu yang selama ini dikembangkan oleh pemerintah bersama UPN “Veteran” Jawa Timur untuk mengembangkan teknologi di Madura agar terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Helmy.

Pada kunjungan tersebut Helmy memuji UPN “Veteran” Jawa Timur yang konsekuen menjadi mitra KPDT dalam mengentakan kemiskinan di daerah tertinggal. Kemitraan yang telah berjalan 6 tahun ini sukses memberikan sentuhan teknologi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di 39 Kabupaten daerah tertinggal.

Menteri PDT Helmy Faisal Zaini juga menyebut UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai Universitas yang jago dalam mengelola potensi di daerah tertinggal. Helmy juga mengucapkan rasa terima kasih kepada UPN karena mau melibatkan dosen dan mahasiswa untuk membuat karya TTG yang bisa diimplementasikan untuk daerah tertinggal. “Terima kasih kepada UPN yang selama ini bermitra dengan KPDT dan mau mangajak dosen dan mahasiswanya untuk menciptakan karya yang berguna untuk masyarakat,” ucapnya.

Saat ini KPDT dan UPN “Veteran” Jawa Timur sudah mengembangkan berbagai karya TTG untuk tiga kabupaten di Pula Madura. Yaitu kabupaten Sampang, Bangkalan dan Pamekasan. Di tiga kabupaten tersebut telah bebrapa dikembangkan hasil karya TTG seperti program kawin Suntik atau Insemnasi Buatan, rumah produk pakan sapi beserta alat pembuatan pakan sapi serta alat pengelolaan bio gas.

Disamping itu juga UPN “Veeteran” Jawa Timur direncanakan untuk melakukan pengembangan potensi produk unggulan lainya seperti pengemabangan produk jambu air.(med)

Super User

Latest from Super User

free counter statistics