Info Terkini ! Penerimaan dan Upload Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2021, dibuka Tanggal 17 - 31 Maret 2021

Inkubator Bisnis


INKUBATOR BISNIS TEKNOLOGI
TECHNOPARK

 



UPN “Veteran”  Jatim mempunyai Technopark  yang sangat dikenal dengan pengembangan teknologi tepat gunanya (TTG). Technopark dibawah pengelolaan LPPM (Lembaga Penelitian dan  Pengabdian kepada Masyarakat) mempunyai peralatan TTG lebih dari 100 item baik dalam bentuk prototype maupun sudah penerapan dan telah dikerjasamakan lebih dari 80 Kabupaten di Indonesia. Ada  141 Hak Kekayaan Intelektual berupa paten, disain produk industri, hak cipta dan merk yang mempunyai peluang untuk dimanfaatkan dunia industri.  Berbagai produk telah dan dikembangkan untuk memperoleh sertifikasi dan standarisasi baik SNI, ISO, HACPP, HALAL  maupun ijin P-IRT.  Ke depan peran Technopark bukan  hanya sebagai wadah atau pusat inovasi dan karya para dosen dan mahasiswa saja namun juga dapat menjadi pusat binis bagi inovasi para dosen dan mahasiswa.  Saat ini Technopark telah menginkubasi atau melakukan pendampingan untuk berbagai program Start-Up dan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi. Technopark UPN “Veteran” Jatim juga mempunyai layanan jasa analisis laboratorium yang

Layanan di bidang penelitian lebih dititik beratkan pada penelitian pengembangan dan hilirisasi yang dilakukan para dosen dengan berbasis pada 5 Pilar Keunggulan Inovasi, yaitu Pangan, Energi, Biotek Ramah Lingkungan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Pemberdayaan Sosial & Ekonomi Masyarakat. Sebagai simpul layanan keunggulan inovasi UPN “Veteran” Jatim akan mengembangkan terus menerus Technopark untuk Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Laboratorium Pengujian Terpadu (LPT).

Fasilitas yang tersedia di Gedung Technopark adalah Inkubator Bisnis (INBIS), Layanan In-Wall bagi para tenant, Ruang Seminar, R. Rapat, Pusat Publikasi, Diseminasi dan KI, Graha Riset, dan Show Room .  Saat ini ada 5 mitra industri yang sedang melakukan inkubasi teknologi di in-wall UPN “Veteran” Jatim, yaitu perusahaan Raissa Beuaty untuk teknologi nano, PO Dhilanmesindo untuk pengembangan produk apel celup, CV. REAM untuk mesin bakso, PT MRM untuk VCO, dan PT Ojessy untuk transportasi wanita, Laboratorium Pengujian Terpadu merupakan pusat layanan analisis di bidang lingkungan, pangan, sumber daya lahan dan biotek yang sudah terstandar KAN.  Ke depan baik Technopark maupun LPT akan dikembangkan menjadi Pusat Layanan dan Kerjasama Tri Dharma UPN “Veteran” Jatim.

Inkubator Technopark UPN “Veteran”  Jawa Timur merupakan Inkubator yang berdiri dibawah Perguruan Tinggi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”  Jawa Timur. Inkubator bisnis dalam hal ini bertugas untuk mengelola dan medampingi perusahaan pemula atau Start Up berbasis teknologi yang merupakan serangkaian dari proses hilirisasi hasil riset yang dihasilkan oleh para dosen maupun peneliti dilingkungan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”  Jawa Timur.