Info Terkini ! Selamat datang di website Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - UPN Veteran Jawa Timur (mohon maaf layanan terganggu, web masih dalam pengembangan, terima kasih)

Penelitian


Daftar Skim Penelitian 

RISET DASAR

Program Riset Dasar dimaksudkan sebagai kegiatan penelitian dalam rangka membina dan mengarahkan para peneliti pemula untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penelitian. Cakupan penelitian ini meliputi bidang hukum, sosial-humaniora, pertanian, rekayasa, ICT, ekonomi, dan budaya. Penelitian ini diperuntukkan bagi dosen pemula yang belum mempunyai jabatan fungsional dan yang mempunyai jabatan fungsional maksimal asisten ahli dan belum bergelar doktor.

RISET DASAR LANJUTAN

 Kompetensi tiap dosen merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh dosen dalam melaksanakan tugas tridarmanya. Dosen yang melakukan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat harus konsisten dengan bidang ilmu dan atau mata kuliah yang diampu dan pengembangannya sekaligus menjadi tanggungjawabnya. Dengan penelitian berbasis kompetensi ini, diharapkan dosen lebih leluasamemperdalam, memperluas dan mendesiminasikan hasil pelaksanaan tridharma. Secara lebihkhusus, dengan penelitian ini diharapkan dosen selalu konsisten menekuni bidang ilmunya,sehingga program penelitiannya tuntas dan menjadi peneliti terbaik di bidangnya. Penelitian inijuga penting untuk mengidentifikasi dan memetakan kompetensi dosen/peneliti di UPN Veteran Jawa Timur.

PENELITIAN KERJASAMA LUAR NEGERI

Kompetensi tiap dosen merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh dosen dalam melaksanakan tugas tridarmanya. Dosen yang melakukan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat harus konsisten dengan bidang ilmu dan atau mata kuliah yang diampu dan pengembangannya sekaligus menjadi tanggungjawabnya. Dengan penelitian berbasis kompetensi ini, diharapkan dosen lebih leluasa memperdalam, memperluas dan mendesiminasikan hasil pelaksanaan tridharma. Secara lebih khusus, dengan penelitian ini diharapkan dosen selalu konsisten menekuni bidang ilmunya, sehingga program penelitiannya tuntas dan menjadi peneliti terbaik di bidangnya. Penelitian ini juga penting untuk mengidentifikasi dan memetakan kompetensi dosen/peneliti di UPN Veteran Jawa Timur.

STANDARISASI DAN SERTIFIKASI PRODUK HASIL RISET

Hasil-hasil riset perlu didorong ke arah hilirisasi. Berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan oleh LPPM UPN Veteran Jawa Timur, beberapa hasil riset para peneliti telah siap untuk di start-up dan discalling-up untuk produksi masal atau masuk dalam manufacturing. Di lain pihak produk-produk tersebut masih membutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum masuk ke pasar komersial, antara lain dengan standarisasi dan sertifikasi produk. Menjawab permasalahan tersebut, LPPM UPN Veteran Jawa Timur meluncurkan skema penelitian Standarisasi dan Sertifikasi Produk Hasil Riset. Program ini merupakan program riset kebijakan institusi di bidang standarisasi dan sertifikasi produk hasil riset. Program ini  dapat diikuti oleh setiap dosen UPN Veteran Jawa Timur yang mempunyai produk hasil riset yang siap diterapkan ke industri (home industry, UMKM, atau Industri besar)  untuk memasuki pasar komersial.

 PROGRAM PRODUK UNGGULAN FAKULTAS DAN PUSAT STUDI

Seiring  dengan  program  Hilirasi yang  menjadi prioritas nasional saat ini, maka  UPN Veteran Jawa Timur melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat   meluncurkan Skim Produk Unggulan Fakultas  (PUF) dan Pusat Studi (PS). Program ini mengarahkan setiap Fakultas dan Pusat Studi di UPN Veteran Jawa Timur mempunyai satu produk unggulan yang siap dikerjasamakan dengan pihak mitra industri atau meningkatkan program proses pembelajaran. Produk Unggulan Fakultas dan Pusat Studi ini merupakan   hasil inovasi penelitian dari tiap rumpun ilmu. Sasaran program Produk Unggulan Fakultas dan Pusat Studi ini adalah   mampu menghasilkan   teknologi, barang atau jasa   yang   akan diproduksi atau digunakan oleh  mahasiswa, dosen, kelompok masyarakat atau mitra industri.   Melalui transfer teknologi, produk atau jasa ini fakultas atau Pusat Studi bersama-sama dan atau dengan mitranya mengembangkan produk unggulan atau suatu usaha.  Jenis permasalahan yang wajib ditangani dalam   program ini meliputi  aspek teknologi, produk, manajemen usaha atau program untuk meningkatkan proses pembelajaran dan unggulan Perguruan Tinggi.

UBER KEKAYAAN INTELEKTUAL KI, PATEN DAN DESAIN INDUSTRI

 Kekayaan Intelektual (KI) adalah kekayaan yang timbul dari kemampuan intelektual manusia yang dapat berupa karya di bidang teknologi, ilmu pengetahuan, seni dan sastra. Karya ini dihasilkan atas kemampuan intelektual untuk memperoleh “produk” baru dengan landasan kegiatan penelitian atau yang sejenis. Karya intelektual ini perlu dilindungi melalui suatu sistem Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Secara garis besar KI terdiri atas hak cipta (copyright), dan hak kekayaan industri (industrial property rights) yang meliputi paten (patent), desain industri (industrial design), merek (trade mark), desain tata letak sirkuit terpadu (lay out design of integrated circuit), rahasia dagang (trade secret), dan pelindungan varietas tanaman (plant variety protection).  Mengacu pada pengertian tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) telah menganalisis potensi KI hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari dosen atau peneliti di UPN Veteran Jawa Timur menunjukkan bahwa terdapat invensi yang berpotensi paten dan desain industri yang dapat dikomersialkan. Oleh karena itu, LPPM  UPN Veteran Jawa Timur menindaklanjuti melalui kegiatan yang disebut Program Unggulan Berpotensi Hak Kekayaan Intelektual (Paten dan desain industry) yang selanjutnya disebut Program UBER KI. Program UBER KI ini dikompetisikan bagi sivitas akademika yang telah melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan program UBER KI adalah untuk meningkatkan perolehan pelindungan KI dengan menggali secara maksimum potensi KI yang diperoleh dari kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sudah selesai. Program UBER KI dibatasi untuk perolehan paten, paten sederhana dan desain industry  para dosen/peneliti  

 UBER BUKU

Dalam rangka memotivasi dan menumbuh-kembangkan minat dosen perguruan tinggi dalam menghasilkan karya buku perguruan tinggi yang sesuai dengan disiplin ilmu dan mata kuliah yang diampunya, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPN Veteran JawTimur akan memberikan insentif bagi dosen yang memiliki karya buku yang akan terbit damemiliki ISBN melalui mekanisme seleksi. Program ini terbuka bagi dosen dari berbagai bidangilmu yang akan menerbitkan buku yang dikembangkan dari pengalaman mengajar dapenelitiannya.  

Dosen yang mengikuti program penelitian telah mengenal state of the art dalam bidangkeahliannya. Pengalaman tersebut sepatutnya dimanfaatkan sebagai modal dasar untuk menulisbuku. Namun sangat disayangkan bahwa jumlah buku yang ditulis dosen masih sangat sedikit jikadibandingkan dengan bantuan/penugasan penelitian yang sudah diterima para dosen/peneliti.   Buku Referensi/ Buku Teks, Buku Ajar atau monograf merupakan salah satu produk untuk meningkatkan proses pembelajaran sehingga menjadi lebih bermutu pembelajarannya. Karya Buku juga dapat di ajukan KI (Kekayan Intelektual) yaitu berupa Hak Cipta. Karya ini dihasilkan atas kemampuan intelektual melalui pemikiran, daya cipta dan rasa yang memerlukan  curahan  tenaga,  waktu  dan  biaya  untuk  memperoleh produk baru dengan landasan  hasil kegiatan  penelitian, hasil review buku dan jurnal,  atau  yang  sejenis.

 UBER PUBLIKASI NASIONAL DAN INTERNATIONAL

Saat ini publikasi hasil riset Indonesia pada jurnal nasional dan internasional masih rendah, terutama publikasi di jurnal yang terindeks di pengindeks internasional bereputasi. Salah satu faktor penyebabnya adalah budaya menulis yang belum berkembang di masyarakat pada umumnya, perguruan tinggi khususnya, dan/atau rendahnya kemauan dan kemampuan menuliskan hasil-hasil riset di jurnal ilmiah bermutu. Tidak mengherankan jika kemudian diseminasi hasil-hasil riset melalui jurnal ilmiah internasional masih rendah. Pengembangan budaya dan kemampuan terutama motivasi menulis menjadi suatu tantangan dan masalah yang harus segera diatasi. Peningkatan mutu riset semakin baik seiring dengan meningkatnya alokasi dana riset dari dana DIPA UPN Veteran Jawa Timur dan Pemerintah melalui berbagai skema pendanaan riset; imbasnya seharusnya meningkatnya kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi. Regulasi dan kebijakan pemerintah yang mewajibkan dosen/peneliti untuk memublikasikan hasil-hasil risetnya juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan jumlah publikasi Indonesia di tingkat nasional dan internasional. Diterbitkannya Permenristekdikti No. 20 Tahun 2017 tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan Profesor menyebutkan bahwa publikasi di jurnal internasional bereputasi bagi para lektor kepala dan guru besar merupakan kewajiban, sehingga peraturan ini diharapkan akan berimplikasi pada potensi meningkatnya publikasi tidak sekadar di jurnal kurang bereputasi. Sebagai salah satu upaya guna mendorong dan memotivasi dosen/peneliti untuk menerbitkan artikel ilmiah pada jurnal nasional dan internasional serta memberikan apresiasi kepada para penulisnya, pada tahun anggaran 2021 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPN Veteran Jawa Timur mengeluarkan program Uber Publikasi dengan memberi insentif kepada dosen/peneliti yang akan mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil review artikel dari beberapa jurnal pada jurnal ilmiah Nasional terakreditasi Sinta 1-2 dan jurnal internasional bereputasi. Program ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah kepada dosen/peneliti yang turut meningkatkan daya saing bangsa atas upayanya mempublikasikan artikelnya pada jurnal internasional bereputasi.