Info Terkini ! Informasi Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat bisa mengunjungi di website https://home.upnjatim.ac.id/simaris/

BERPERAN DALAM PERCEPATAN PENURUNAN ANGKA STUNTING, UPN VETERAN JAWA TIMUR MEMBUAT TECHNO WATER DI TUBAN

    

    UPN "Veteran" Jawa Timur berperan aktif dalam mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Tuban melalui teknologi penjernihan air multi filtrasi Techno Water. Teknologi yang dimiliki oleh LPPM UPN Veteran Jawa Timur dan dikembangkan oleh Dr. Ir. Edi Mulyadi, SU., Kepala Inkubator Bisnis Teknologi Technopark dan TTG, berhasil menyediakan air layak minum dengan TDS berkisar 5 hingga 10 untuk Desa Saringembat dan Desa Kedungjambe Kabupaten Tuban.


    Pemanfaatan prototype Techno Water ini merupakan bagian dari Program Matching Fund DESA EMAS, bekerja sama dengan Prof. Dr. Sri Sumarmi, S.KM., M.Si. dari Universitas Airlangga. Implementasi teknologi ini merupakan kolaborasi antara Konsorsium 20 Perguruan Tinggi Jawa Timur, BKKBN Jawa Timur, dan UPN Veteran Jawa Timur untuk mempercepat penurunan angka stunting di Provinsi Jawa Timur.


    Dr. Zainal Abidin Achmad, S.Sos., M.Si., M.Ed., sebagai PIC Bidang Komunikasi dan konsorium, pemahaman masyarakat akan pentingnya kandungan air bersih . UPN Veteran Jawa Timur berkontribusi melalui prototype mesin penjernih air Techno Water, yang ditempatkan di Masjid Al-Barmawy Desa Kedungjambe dan Pasar Wage Desa Saringembat, dengan tujuan meningkatkan akses air minum bagi masyarakat, terutama ibu-ibu hamil, calon pengantin, dan anak-anak, serta berharap agar fasilitas ini dapat dikelola dengan baik oleh kelembagaan di desa.