Info Terkini ! Informasi Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat bisa mengunjungi di website https://home.upnjatim.ac.id/simaris/

PEMBEKALAN KKN PESANTREN Tahun 2024

Kamis (30/5/2024) dilangsungkan pembekalan KKN Tematik Inovasi Pesantren 2024  UPN Veteran Jatim di Ruang Seminar Gedung Technopark, acara yang dibuka oleh Sekertaris LPPM Dr. Dedin Finatsiyatull Rosida, S.T.P., M.Kes. ini dihadiri oleh DPL dan perwakilan Majlis Al-Muwasholah selain itu ada mahasiswa peserta KKN Inovasi Pesantren.

Kegiatan ini dimulai dengan Materi Kepesantrenan yang langsung disampaikan oleh Habib Hasan Ismail Al Muhdlor dan KH. Imam Mawardis sebagai perwakilan Majlis Al-Muwasholah beliau menyampaikan materi tentang kepesantrenan yakni adab, tata tertib, maupun kegiatan sebagai seorang santri di pondok pesantren. Dalam materinya tersebut KH. Imam Mawardis memberikan motivasi kepada para peserta KKN Inovasi Pesantren agar tidak terlalu khawatir untuk menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di pesantren yang sudah ditunjuk untuk menjadi lokasi KKN Inovasi Pesantren.

Selain KH. Imam Mawardis mahasiswa juga mendapatkan amanat dari Habib Hasan Ismail Al Muhdlor yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus karena mempertemukan dua latar pendidikan yang berbeda. Dimana para santri di pondok pesantren yang mendapatkan pendidikan untuk bersikap tawadlu kepada para Kiyai, dan ustad di pondok pesantren, sedangkan para mahasiswa menjalani pendidikan yang menjunjung tinggi keterbukaan pemikiran, berpikir kritis, dan inovatif. Menurut beliau ini merupakan dua hal yang sangat bagus untuk di satukan sehingga kan saling melengkapi antara santri dan para mahasiswa yang merupakan peserta KKN.

    

Selanjutnya pengarahan para Dosen Pembimbing Lapang (DPL) yang menjelaskan materi tentang Petunjuk Teknis yang membahas tentang KKN secara garis besar dan apa saja luaran yang harus capai pada kegiatan KKN ini. Kegiatan ditutup dengan diskusi yang dilakukan oleh masing – masing DPL dengan kelompok masing – masing untuk menyusun program kerja yang akan dilakukan di KKN Inovasi pesantren.