Info Terkini ! Informasi Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat bisa mengunjungi di website https://home.upnjatim.ac.id/simaris/

PELATIHAN PENULISAN DRAFT PATEN Tahun 2024

Sudah tidak diragukan perlindungan hak cipta harus mendapatkan perhatian penuh untuk mendukung kemajuan negara. Tentunya bagi negara yang menerapkan sistem perlindungan hak kekekayaan intelektual dengan baik, akan berdampak pada kemajuan ekonomi sebuah negara. Hal ini memerlukan peran berbagai pihak salah satunya Pusat Diseminasi, Publikasi dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur dalam memberikan edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat terkait pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual. Berbagai kendala terkait Hak Kekayaan Intelektual ini bermunculan salah satunya adalah kurangnya pengetahuan tentang pengurusan Hak Kekayaan Intelektual ataupun cara membuat dokumen pendukungnya. Untuk itu pada tanggal 4 - 5 Juni 2024 LPPM mengadakan acara Pelatihan Penulisan Draft Paten yang dibimbing oleh Ir. Dodong Sofyan Sachmid, M.M. yang merupakan salah satu tenaga ahli dari Asosiasi Sentra Kekayaan Intelektual Indonesia (ASKII).

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Sekertaris LPPM Dr. Dedin Finatsiyatull, S.T.P., M.Kes yang berpesan “semoga kegiatan ini mampu melahirkan drafter paten dilingkungan UPN Veteran Jawa Timur, sehingga Hak Kekayaan Intelektual di UPN Veteran Jawa Timur akan semakin banyak kedepanya nanti”.

   

Acara yang diadakan di Ruang Seminar Gedung Technopark dihadiri 54 orang dari 50 dosen dan mahasiswa yang ditargetkan. Pada kegiatan ini peserta diberikan materi pengantar dan pengenalan kekayaan intelektual dan pemanfaatanya pada hari pertama kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan. Banyaknya pertanyaan dari peserta terkait hak cipta, desain industri, merek dan paten menunjukkan ketertarikan peserta pada kegiatan ini. Setelah pemberian materi, Ir. Dodong melakukan pendampingan 18 draft paten dosen dan mahasiswa selama 2 hari.